Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMAN 5 Kota Kupang (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di SMAN 5 Kota Kupang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian adalah (1) strategi yang digunakan Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu dengan memberikan pembiasaan-pembiasaan keagamaan sebelum memulai proses pembelajaran. Seperti : melaksanakan sholat dhuha, membaca Al-Quran dan juga mengikutsertakan peserta didik di berbagai kegiatan-kegiatan keagamaan agar meningkatkan kecerdasan spiritulanya. Bukan hanya itu Guru Pendidikan Agama Islam Juga menanamkan nilai-nilai spiritual dengan memberikan motivasi-motivasi terhadap peserta didik. (2) Faktor-faktor yang mendukung penerapan strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik yaitu : Peran kepala sekolah, Peran orang tua dan Peran Guru-guru agama islam. Namun faktor penghambatnya antara lain sebagai berikut: Beberapa siswa yang belum memahami ajaran agama, jumlah guru dengan siswanya tidak proporsional dan sarana prasarana yang tidak memadai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024