Al Iidara Balad : Jurnal Administrasi Negara
Vol. 6 No. 1 (2024): Al Iidara Balad

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN SAMSAT KELILING TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KABUPATEN TABALONG

Anjani, Anjani (Unknown)
Dharma, Agus Surya (Unknown)
Raudah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2024

Abstract

Pelayanan Samsat Keliling yang tidak menyediakan pelayanan pembayaran pajak 5 tahunan dan hanya menyediakan layanan pembayaran pajak 1 tahunan. Selain hanya menyediakan satu layanan, Samsat Keliling juga bisa terkendala dalam masalah jaringan sehingga hal tersebut membuat pelayanan sedikit lambat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan Samsat Keliling terhadap kepuasan masyarakat di Kabupaten Tabalong dan seberapa signifikan pengaruh antara kualitas pelayanan Samsat Keliling terhadap kepuasan masyarakat di Kabupaten Tabalong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner/angket, dan dokumentasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 2569 wajib pajak, adapun teknik pengambilan sampel adalah sampling incidental menggunakan rumus slovin menghasilkan 96 responden. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan dan teknik koefisien determinasi dengan bantuan aplikasi softwar SPSS versi 27. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan samsat keliling memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Berdasarkan hasil analisis data, nilai r (0,567) juga dapat diperoleh nilai r2 (0,5672) = 0,321 dengan signifikasi 0,00 yang membuktikan terdapat hubungan yang cukup signifikan antara kualitas pelayanan samsat keliling terhadap kepuasan masyarakat di Kabupaten Tabalong sebesar 32% sedangkan 68% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak peneliti teliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aliidarabalad

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Governance, Leadership, Public organizations, Public policy, Public service, Management, Law ethics, Bureaucratic administration and government. Human ...