Education Management Information System (EMIS) merupakan jantung dari madrasah, karena semua informasi madrasah tersimpan dalam EMIS. Dalam implementasinya tidak ada tenaga pengelola data (operator) khusus untuk mengelola EMIS di Madrasah Tsanawiyah Hidayatush Shibyan Kandris. Terdapat permasalahan diantaranya kurangnya sarana dan prasarana untuk mendukung pekerjaan operator EMIS. Guru yang membantu kepala madrasah dalam mengelola data kurang memahami alur dan teknis sistem EMIS tersebut. Berdasarkan hal di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi EMIS, faktor penghambat implementasi EMIS serta upaya yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif-kualitatif. Dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data diambil melalui teknik purposive sampling untuk pengambilan informan berjumlah 11 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Education Management Information System (Emis) Di Madrasah Tsanawiyah Hidayatush Shibyan Kandris Kabupaten Barito Timur kurang baik.
Copyrights © 2024