Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh service bawah permainan bolavoli dengan menggunakan modifikasi bola serta untuk mengetahui peningkatan pembelajaran menggunakan modifikasi bola terhadap kemampuan service bawah permainan bolavoli pada peserta didik kelas XI di SMA Muhammadiyah 10 Gresik Kota Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan data dilakukan dengan Pretest dan Posttest. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan uji Wilcoxon dengan p-value apabila nilai < 0,05 maka tedapat pengaruh yang menunjukkan pada kelas eksperimen bahwa adanya kenaikan hasil belajar sebanyak 36 peserta didik, dengan p-value 0.00 < 0.05. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol menunjukkan bahwa nilai keterampilan menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar sebanyak 35 peserta didik dengan p-value 0.00 < 0.05. Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 10 Gresik Kota Baru pada peserta didik kelas XI terdapat peningkatan pada kelas eksperimen kategori keterampilan sebesar 54,56% dan pada kelas kontrol kategori keterampilan sebesar 52,03% dengan menggunaka uji N-Gain. Sehingga melalui media modifikasi alat berupa bola spon yang ringan sebagai pengganti media bolavoli yang sesungguhnya, para siswa lebih leluasa, aktif, dan lebih serius pada saat mempelajari service bawah dalam bolavoli.
Copyrights © 2024