Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 3 (2024)

PKM Peningkatan Kognitif dan Motivasi Belajar Anak Tunagrahita SLB-C Makassar Dengan Camtouch Interactive Whiteboard

Hidayat, Wahyu (Unknown)
Anandari Sulaiman , Dwi Rezky (Unknown)
Wulandari, Sri Riski (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2024

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan oleh tim Universitas Negeri Makassar di SLB-C YPPLB Makassar dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi anak-anak dengan disabilitas intelektual melalui penerapan teknologi Camtouch Interactive Whiteboard guna meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Teknologi ini memadukan layar interaktif, kamera, dan proyektor dengan perangkat lunak khusus yang dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar melalui visualisasi dan interaksi langsung. Metode yang digunakan dalam program ini meliputi penyebaran kuesioner kepada para guru dan orangtua peserta didik untuk mengevaluasi dampak teknologi terhadap proses pembelajaran. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kompetensi teknis dan pedagogis guru, serta perkembangan kognitif pada anak-anak tunagrahita. Selain itu, peserta didik menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti proses pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik, yang tidak hanya meningkatkan keterlibatan mereka tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Teknologi ini diharapkan dapat terus memberikan manfaat jangka panjang dalam proses pendidikan di SLB-C YPPLB Makassar, serta menjadi model yang dapat diterapkan di institusi pendidikan serupa untuk mendukung perkembangan anak-anak dengan disabilitas intelektual secara lebih luas. Evaluasi berkelanjutan dan pengembangan lebih lanjut dari teknologi ini akan membantu memastikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

panrannuangku

Publisher

Subject

Humanities Education Engineering Health Professions Library & Information Science

Description

The mission of Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat is to serve as the premier peer-reviewed, interdisciplinary journal to advance theory and practice related to all forms of outreach and engagement . This includes highlighting innovative endeavors; critically examining emerging issues, ...