TIK Merupakan beragam alat yang digunakan oleh setiap orang untuk memperoleh infromasi dan berkomunikasi pada era digital seperti sekarang ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui definisi strategi pembelajaran berbasis TIK, bagaimana manfaat dan urgensi strategi pembelajaran berbasis TIK. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif yaitu dengan mengamati, mencermati dan mendalami sebagai literature, baik berupa buku, jurnal ilmiah, maupun artikel lainnya yang mengulas tentang strategi pembelajaran berbasis TIK secara optimal pada kalangan pembelajar sampai tingkat perguruan tinggi. Hasil penelitian strategi pembelajaran berbasis TIK ini yaitu dapat dipahami bahwa strategi pembelajaran berbasis TIK adalah cara atau metode yang digunakan oleh guru dengan menggunakan alat teknologi, dan menampilkan aplikasi-aplikasi dalam pembelajaran. Adapun strategi guru dalam pembelajaran TIK adalah guru dituntut untuk Menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan demi menciptakan lingkungan belajar yang rileks tanpa stres, memanfaatkan sarana bermain untuk belajar, perlunya motivasi yang kuat dan positif bagi anak. Tujuan utama yaitu : (1) Strategi TIK mempermudah guru menyampaikan pembelajaran, (2) TIK mempermudah peserta didik memahami pelajaran. (3) TIK merangsang/memotivasi pendengaran, penglihatan untuk memahami pelajaran. Manfaat strategi pembelajaran berbasis TIK diantaranya Mendukung pembelajaran yang berpusat pada siswa dan belajar mandiri, menghasilkan lingkungan belajar yang kreatif, Memberikan banyak kontribusi terhadap perkembangan keterampilan berpikir kritis, dan Meningkatkan kualitas belajar mengajar.
Copyrights © 2024