Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem antrian dan efektifitas layanan nasabah di Bank. Salah satu masalah yang sering dialami oleh nasabah adalah antrian saat menunggu layanan. Antrian merupakan bagian penting dari pelayanan sehingga harus dikelola dengan baik. Objek penelitian adalah teller tarikan dan setoran dengan nominal kurang dari 25 juta rupiah. Pengumpulan data dilakukan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat dalam satu bulan dan data diambil berdasarkan jumlah kedatangan nasabah dengan interval 30 menit. Proses analisis dilakukan dengan mengidentifikasi distribusi probabilitas pola kedatangan dan pelayanan, pembuatan konfigurasi Arena, verifikasi model, menjalankan model dan analisis output. Sistem layanan antrian sudah efisien bagi penyedia layanan karena selama jam kerja, teller sebagai penyedia layanan tidak pernah menganggur dan tingkat utilisasi, kesibukan serta penjadwalan telah mencapai 100% tetapi belum efektif karena nasabah masing harus menunggu cukup lama yaitu sekitar 20 menit sebelum memperoleh layanan di teller. Kata Kunci:Arena, sistem antrian, efektifitas layanan
Copyrights © 2024