JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 15, No 1: Juni 2024

PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 104202 BANDAR SETIA T.A 2023/2024

Samosir, Dewi Haizah (Unknown)
Irsan, Irsan (Unknown)
Tamba, Robenhart (Unknown)
Mailani, Elvi (Unknown)
Perangin-angin, Laurensia M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar matematika materi pecahan berbasis Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Permasalahan yang dihadapi adalah buku ajar yang kurang efektif dalam penanaman konsep matematika dan keterbatasan pemahaman guru dalam penerapan model pembelajaran yang bervariasi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas V SDN 104202 Bandar Setia. Data dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan tes, dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan buku ajar ini valid dengan persentase rata-rata 80% untuk validasi materi, 93,3% untuk validasi media, dan 96% untuk validasi kepraktisan. Uji coba lapangan menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan rata-rata pre-test 45,13 dan post-test 81,13.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...