Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 1 (2024): Februari

Rekonstruksi Etnosains Proses Mamaq Di Dusun Asmalang Desa Lenek Lauk Lombok Timur

Sabila, Sabila Nur Amalina (Unknown)
Andayani, Yayuk (Unknown)
Sedijani, Prapti (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Feb 2024

Abstract

Indonesia merupakan masyarakat yang memiliki beragam budaya lokal yang dapat dikembangkan dalam kehidupan. Keragaman budaya ini dapat dioptimalkan sebagai salah satu sumber pembelajaran di sekolah. Pada pembelajaran IPA di sekolah kemampuan mengaitkan pengetahuan sains dengan fenomena di sekitar secara kontekstual dapat diperoleh melalui etnosains. Salah satu tradisi yang dapat diintegrasikan dalam pembelajaran adalah tradisi mamaq/menyirih. Sehingga tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan budaya lokal masyarakat yaitu mamaq/menyirih untuk diintegrasikan dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengintegrasian tradisi mamaq/menyirih materi IPA pada kelas VII dan kelas VIII. Diantara materi yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran IPA di SMP adalah morfologi tumbuhan, taksonomi tumbuhan, jaringan tumbuhan, sistem pencernaan pada manusia, serta zat adiktif dan aditif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...