Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Kolaborasi Model OLO (Olympiad-Oriented) Task dengan Media YouTube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Tansuri, Ardarila (Unknown)
Sukardi, Sukardi (Unknown)
Ananda Wahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kritis yang rendah terus menjadi permasalahan pembelajaran sehingga diperlukan suatu model yang cocok. Model pembelajaran yang digunakan yaitu OLO (Olympiad-Oriented) Task, sehingga tujuan dari penelitian ini untuk memahami model pembelajaran OLO (Olympiad-Oriented) Task yang dikolaborasikan dengan media YouTube mempengaruhi berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS lebih tepatnya Sosiologi. Penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen yang berbentuk Pre-Eksperimen. Desain penelitian yang digunakan the one grup Pretest Posttest. Instrumen pengumpulan data telah melalui tinjauan deskriptif yang telah lolos uji validasi dan reliabel. Uji hipotesis dan seluruh data penelitian dianalisis menggunakan SPSS 25.0 untuk perangkat Windows. Pada hasil penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran OLO Task yang dikolaborasikan dengan media YouTube memberikan pengaruh terhadap berpikir kritis siswa dengan pengaruh efektivitas sebesar 59%, dengan mean post-test (75,96) lebih tinggi dibandingkan pre-test (41.29) berarti (75.96) > (41.29). Hal ini meningkat karena Tugas OLO berkonstribusi dalam pemecahan masalah bertahap dari menganalisisi-menciptakan (C4-C6), sehingga siswa didorong untuk bertanya, menjawab pertanyaan, dan memecahkan pertanyaan baik secara individu, berpasangan maupun kelompok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...