Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemampuan literasi membaca dan menulis siswa kelas 3 SDN 2 Kawo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas 3 SDN 2 Kawo tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 15 orang sedangkan objek penelitian ini yaitu tentang analisis kemampuan literasi dasar siswa kelas 3 SDN 2 Kawo. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes literasi baca tulis dan instrumen wawancara. Teknih analisis yang digunakan adalah Pengumpulan Data, Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Display Data), Kesimpulan dan Keabsahan data. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan literasi baca peserta didik di kelas III SDN 2 Kawo masih sangat rendah. Kemampuan literasi dasar, yang terdiri dari 4 orang termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 20%, peserta didik yang termasuk ke dalam kategori sedang berjumlah 5 orang dengan presentase 25%, peserta didik dengan kategori cukup berjumlah 3 orang sebanyak 15% dan termasuk kedalam kategori rendah berjumlah 8 orang sebanyak 40% sedangkan kemampuan literasi tulis peserta didik di kelas III SDN 2 Kawo masih sangat rendah. Kemampuan literasi dasar, yang terdiri dari 4 orang termasuk dalam kategori baik sekali sebanyak 20%, peserta didik yang termasuk ke dalam kategori baik berjumlah 5 orang dengan presentase 25%, peserta didik dengan kategori cukup berjumlah 6 orang sebanyak 30% dan termasuk kedalam kategori rendah berjumlah 5 orang sebanyak 25%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024