Journal of Classroom Action Research
Vol. 6 No. 3 (2024): Agustus 2024

Pengembangan Media Kokami (Kotak Kartu Misteri) Berbasis Qr Code Pada Pembelajaran Tematik Siswa

Akbar, Maulana Ali (Unknown)
Tahir, Muhammad (Unknown)
Erfan, Muhammad (Unknown)
Astria, Fitri Puji (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media kokami sebagai media pembelajaran menurut validasi ahli dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner validasi ahli media, ahli materi, respon guru, dan respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa skala likert dengan skor penilaian 1 sampai 5 yang meliputi analisis data kelayakan dan kepraktisan produk .Rata-rata nilai yang diperoleh dari validasi ahli media sebesar 88% dengan kategori layak. Rata-rata nilai yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Rata-rata nilai yang diperoleh dari kuesioner respon guru sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Rata-rata nilai yang diperoleh dari kuesioner respon siswa sebesar 88% pada tahap I dan 90,08% pada tahap II dengan kategori sangat layak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran kokami berbasis QR Code pada pembelajaran tematik sudah memenuhi kategori kelayakan untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...