Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana nilai karakter dalam kegiatan sabtu budaya di Sekolah Dasar Negeri 32 Ampenan. Penelitian ini mengggunakan pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini pendidik dan peserta didik. Tehnik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karkter utama yang di implementasikan dalam kegiatan sabtu budaya seperti, gotong royong, mandiri, integritas, religius dan nasionalisme, kemudian nilai karakter ini dimplementasikan dalam kegiatan sabtu budaya seperti terdapat indikator nilai religius tercermin ketika peserta didik berdoa sebelum memulai kegiatan, tercermin dalam kegitan sabtu budaya terlihat dari interaksi peserta didik yang hidup berdampingan dan bekerjasama dsengan suku dan agama yang berbeda. Peserta didik percaya diri dalam memenataskan kegiatan di sabtu budaya, nilai nasionalisme tercermin ketika peserta didik menampilkan kagiatan tarian daerah dalam kegiatan sabtu budaya dan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan sabtu budaya serta patuh terhadap aturan dalam kegaiatan sabtu budaya. Nilai mandiri tercermin terlihat ketika peserta didik berlatih mandiri untuk menampilakan pertunjukan yang ada dalam kegiatan sabtu budaya, nilai gotong royong terlihat dari bentuk kegiatan sabtu budaya yaitu bekerja sama membersihkan lingkungan sekolah dan nilai intergritas terlihat ketika peserta didik diberikan tanggung jawab dalam kegiatan sabtu budaya.
Copyrights © 2024