Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul selama proses pembelajaran menulis di kelas, khususnya pelajaran menulis cerita pendek pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini mengupayakan adanya peningkatan terhadap aktivitas belajar dan keterampilan menulis cerita pendek siswa dengan menerapkan bantuan menggunakan media gambar berseri tentang peristiwa alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan hasil pembelajaran menulis cerita pendek siswa dengan menerapkan bantuan media gambar peristiwa alam. Jenis penelitian yang di gunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dan model penelitian yang di gunakan adalah One-Group Pretest-posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes. Teknik Analisis data yang di gunakan yakni Uji Prasyarat terdiri dari uji normalitas dan juga uji homogenitas,lalu dilakukan juga uji Hipotesis terdiri dari Uji Koefesien Determinasi dan juga uji Anova. Hasil penelitian menujukkan bahwa media gambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan siswa dalam menulis cerpen pada Sekolah Dasar Negeri Penambong Lombok Tengah, yang di mana dapat dilihat dari nilai uji t yaitu memilki nilai t-hitung sebesar 8,304 dengan derajat bebas (n-1) = 13, > t tabel 2,160, selain itu dapat dilihat juga dari nilai signifikanya 0,000 < alfa 5% maka artinya Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas 5 Sekolah Dasar Negeri Penambong Lombok Tengah.
Copyrights © 2024