Gaya belajar ialah cara individu menggunakan kemampuannya untuk belajar yang berkaitan dengan kegemaran individu untuk berfikir, memproses informasi dan mendemonstrasikan belajar terdiri dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Jika semakin baik peserta didik memahami gaya belajar masing-masing maka semakin baik pula hasil belajar yang dicapai. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis hubungan gaya belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik SMAN di Kabupaten Bima. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga di peroleh sampel berjumlah 160 responden terdiri dari 53 peserta didik dari SMAN 1 Belo, 48 peserta didik dari SMAN 1 Palibelo, dan 59 peserta didik dari SMAN 1 Monta. Instrumen yang digunakan dalam penelitian terbagi menjadi dua yaitu angket gaya belajar dan tes hasil belajar pada materi sel. Analisis uji korelasi product moment pearson menggunakan SPSS versi 25 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan gaya belajar tertinggi di SMAN Kabupaten Bima yaitu tipe auditorial sebanyak 67 peserta didik dengan persentase 42%, sedangkan yang terendah yaitu tipe visual sebanyak 29 peserta didik dengan persentase 18%. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif sedang antara gaya belajar dengan hasil belajar Biologi peserta didik SMAN di Kabupaten Bima sebesar 0,475 (0,475 > 0,155).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024