Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang karakter peduli sosial pada siswa sekolah dasar sebagai salah satu diantara 18 nilai karakter bangsa yang penting dimiliki siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung, metode yang digunakan adalah metode statistik deskriptif, sedangkan alat pengumpul data menggunakan angket, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SDN Sungai Raya 1, sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN Sungai Raya 1. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepedulian sosial siswa SDN Sungai Raya 1 paling banyak berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 35%, disusul dengan kategori kepedulian sosial sangat tinggi sebesar 30%, kemudian kategori kepedulian sosial sedang sebesar 25%, dan yang paling sedikit yaitu pada kategori kepedulian sosial rendah sebesar 10%.
Copyrights © 2024