Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kelas A1 (Kelas Eksperimen) dan A2 (Kelas Kontrol) dimana pada masing-masing kelas berjumlah 12 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memancing angka dapat berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan di buktikan dengan hasil uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu sebesar 2.313 pada t hitung dan untuk t table, yaitu 1, 715 yang artinya t hitung dari t table, maka H0 ditolak dan H1 diterima.Kesimpulan bahwa adanya pengaruh pemainan memancing angka terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun.
Copyrights © 2024