Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan Pengerajin Makanan Kemplang di Desa Sukarami, Kecamatan Pemulutan, Kabupaten Ogan Ilir dalam memasarkan produk mereka di era digital dan industri 4.0. Edukasi dan pelatihan ini difokuskan pada pemanfaatan marketplace berbasis aplikasi yang populer, yaitu Shopee. Metode yang digunakan meliputi ceramah, demonstrasi, tanya jawab, serta praktik langsung untuk menyampaikan pengetahuan tentang strategi pemasaran digital yang efektif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Simpulan, bahwa penerapan strategi pemasaran digital yang tepat dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan produk kemplang di pasar online. Kata Kunci: Edukasi, Pemasaran Digital, Marketplace, Shopee, Industri 4.0
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024