Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 15 No. 2 (2024): July 2024

Investigasi Kemampuan Guru Matematika Mengembangkan Pertanyaan Pemantik

Prayitno , Lydia Lia (Unknown)
Mutianingsih, Ninik (Unknown)
Sugandi , Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pembelajaran saat ini guru ditutut untuk inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan kurikulum, yaitu kurikulum merdeka. Selain itu guru juga harus dapat engembangkan modul ajar. Terdapat tiga istilah krusial dalam pembuatan modul ajar, salah satunya adalah pembuatan pertanyaan pemantik. Penelitian deskriptif kuantitatif ini melibatkan guru matematika yang sedang mengampu Program Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG DalJab) gelombang 2 di Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk melakukan investigasi kepada guru matematika dalam mengembangkan pertanyaan pemantik. Data penelitian ini diperoleh dari hasil dokumentasi guru matematika dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan prosentase kemampuan guru dalam mengembangkan pertanyaan pemantik berdasarkan kategori pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan diatas, pertanyaan pemantik yang sudah dibuat oleh guru bisa muncul lebih dari satu kategori pertanyaan, analisis lebih detail pertanyaan pemantik yang muncul satu kategori pertanyaan yaitu FQ (30%), P-NS Q (3,3%), LQ (10%), YNQ (3,3%), PQ (13,3%), selanjutnya pertanyaan pemantik yang muncul dua kategori pertanyaan yaitu FQ-YNQ (6,7%), LQ-PQ (3,3%), YNQ-LQ (6,7%), FQ-PQ (3,3%) dan terdapat 20% yang tidak menyertakan pertanyaan pemantik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa guru sudah mampu dalam mengembangkan pertanyaan pemantik, dengan kategori pertanyaan yang berbeda

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes research articles on mathematics education, including mathematical learning models, mathematics learning strategies, Mathematics learning Media, ICT Learning Mathematics, Ethnomathematics, mathematics literacy, Higher Order Thinking Skill Mathematics, ...