Penggunaan media pembelajaran dapat membuat perubahan dalam metode pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat diakses di mana saja dan kapan saja juga memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dengan lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif yang layak digunakan untuk pembelajaran matematika materi barisan dan deret yang diberi nama E-BARET. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan subjek penelitiannya siswa kelas X SMA. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar validasi produk dan materi. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 3 tahapan meliputi analysis, design, dan development. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari ahli materi mendapatkan nilai 4,29 yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, dari ahli media pembelajaran mendapatkan nilai 4.09 yang termasuk dalam kategori “Layak”, dari praktisi pembelajaran matematika mendapatkan nilai 4,15 yang masuk dalam kategori “Layak”, dan dari 25 peserta didik kelas X SMA mendapatkan hasil respon positif dengan persentase yang diperoleh Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai alat bantu pembelajaran matematika materi barisan dan deret, dan dapat membuat siswa lebih aktif dalam belajar.
Copyrights © 2024