Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 15 No. 2 (2024): July 2024

Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures Untuk Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Manurung, Angelin (Unknown)
Manurung, Nurliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menemukan bahwa pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA pada materi peluang masih rendah, dipengaruhi oleh minat belajar yang kurang dan metode pembelajaran konvensional. Penggunaan model Conceptual Understanding Procedures (CUPs) diusulkan untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan aktif siswa dalam belajar matematika. Jenis penelitian yang diaplikasikan adalah quasi eksperiment dengan desain two group pretest-posttest. Sampel penelitian diambil dari dua kelas, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 27,43, sementara kelas kontrol adalah 27,31. Uji hipotesis menghasilkan nilai nilai sig. sebesar 0,969 > 0,05, artinya  diterima, menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah penerapan model pembelajaran CUP, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen adalah 76,37, sedangkan kelas kontrol adalah 69,60. Uji hipotesis menghasilkan nilai sig. sebesar 0,011 < 0,05. Maka,  diterima, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata skor posttest kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CUP berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMA pada materi peluang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes research articles on mathematics education, including mathematical learning models, mathematics learning strategies, Mathematics learning Media, ICT Learning Mathematics, Ethnomathematics, mathematics literacy, Higher Order Thinking Skill Mathematics, ...