Perkembangan teknologi era pandemi menuntut para pengguna dalam memperlancar semua aktivitas, terutama dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Self-Directed Learning terhadap kemandirian belajar dan hasil belajar pembuatan pola. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Tata Busana SMK Negeri 1 Buduran-Sidoarjo, setiap tingkat terdiri dari 4 kelas yakni 1 kelas Desain dan 3 kelas reguler. Kelas XII tata busana dengan jumlah 120 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data kemandirian belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar pembuatan pola menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (Multivariat Analysis of Variance). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, kemandirian belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Self-Directed Learning secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kedua, hasil belajar pembuatan pola antara siswa yang mengikuti pembelajaran model Self-Directed Learning secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Ketiga, secara simultan kemandirian belajar dan hasil belajar pembuatan pola antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Self-Directed Learning secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Copyrights © 2024