Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 11 No. 3 (2024)

PERAN KOMUNITAS GURU DAN REFLEKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF: STUDI PRAKTIK BAIK GURU

Upayogi, I Nyoman Try (Unknown)
Riandi (Unknown)
Sumar, Hendayana (Unknown)
Ida, Kaniawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi peran komunitas guru dan refleksi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa di tingkat sekolah menengah pertama. Pendekatan yang digunakan adalah studi kasus metode campuran yang menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk memberikan pemahaman yang komprehensif mengenai fenomena yang diteliti. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kreatif, observasi selama pembelajaran, wawancara, dan analisis rekaman video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam komunitas guru yang reflektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa, terutama dalam aspek fluency dan elaboration. Meskipun peningkatan pada indikator flexibility tidak terlalu signifikan, hasil menunjukkan bahwa lingkungan belajar yang mendukung dan kolaboratif memainkan peran penting dalam merangsang siswa untuk lebih produktif dalam mengemukakan ide-ide mereka. Uji t berpasangan menunjukkan peningkatan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya refleksi dan kolaborasi guru dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...