Journal Mathematics Education Sigma [JMES]
Vol 5, No 2 (2024): JOURNAL MATHEMATICS EDUCATION SIGMA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI GAME BASED LEARNING (GBL) BERBASIS LUMIO BY SMART

Siregar, Muhammad Rofik (Unknown)
Harahap, Tua Halomoan (Unknown)
Simbolon, Mangapen (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa dengan menerapkan Game Based Learning (GBL) berbantuan lumio pada pokok bahasan statistika. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 4 Medan yang terdiri siswa laki laki yang berjumlah 32 siswa. Persentase tes kemampuan penalaran siswa sebelum tindakan (pra tindakan) adalah 46,87%k kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I adalah 56,25%, kemudian persentase menjadi 87,05% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 30,08%. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif Kuantitatif. Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan penerapan Game Based Learning (GBL) dapat dikatakan bahwa hasil dari penetilian ini memperlihatkan Game Based Learning (GBL) berbantuan lumio by smart dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa pada pokok bahasan statistika di kelas X TKR 1 SMK Negeri 4 Medan karena telah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu lebih dari 75% nilai siswa mencapai skor KKM atau ≥ 75.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jmes

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Fokus dari Journal Mathematics Education Sigma (JMES) ini: Pendidikan Matematika Pendidikan Matematika Realistik Kemampuan Matematika Pengembangan Penelitian Dalam Pendidikan Matematika ICT Dalam Pendidikan ...