Seiring dengan perkembangan teknologi dan komunikasi, guru Bahasa Arab dituntut mampu mengembangkan model pembelajaran Bahasa Arab yang efektif. Efektivitas pembelajaran Bahasa Arab sangat ditentukan oleh perencanaan atau desain yang dilakukan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Penelitian ini menggunakan literature review yang mana data-data diambil dari pustaka. Dengan ini peserta didik akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru dengan adanya media pembelajaran. Selain itu, peserta didik akan merasa senang, tidak merasa bosan saat pembelajaran berlangsung justru dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Karena tidak hanya komunikasi verbal dari guru yang didengar, akan tetapi ada media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Terlebih dalam Maharah Kitabah, yang merupakan salah satu keterampilan bahasa yang tidak dapat diabaikan, karena menulis merupakan kegiatan yang mempunyai hubungan dengan proses berpikir serta keterampilan ekspresi dalam bentuk tulisan.
Copyrights © 2023