Mahira
Vol. 4 No. 1 (2024)

Efektifitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Metode Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab

Syukriya, Aini Ummu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan (Action Research) yang didasarkan pada jenis pendekatan penelitian kuantitatif eksperimental (al-tajribiyah al-kammiyah) dengan format eksplanatori, penelitian ini berupaya mengungkap keefektifan pembelajaran berdiferensiasi sebagai metode pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberi keleluasaan pada siswa untuk meningkatkan potensi dirinya sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Islam P.B. Soedirman Kota Bekasi dengan sumber data siswa sebanyak 120 siswa, dengan mengimplementasikan tiga jenis diferensiasi, yaitu konten, proses, dan produk. Adapun tahapan pembelajaran keterampilan menulis bahasa Arab adalah: 1) tahap pembangunan konteks; 2) tahap pemodelan teks; 3) tahap pembuatan teks secara bersama-sama; 4) tahap pembuatan teks secara mandiri. Berdasarkan analisis uji beda dua sampel berpasangan (paired sample t-test) yang digambarkan melalui perbandingan kemampuan siswa antara sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran berdiferensiasi, terdapat perbedaan yang signifikan yang cenderung memberikan pengaruh positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mahira

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

MAHIRA : Journal of Arabic Studies is a journal orginazed by Department of Arabic Teaching, Faculty of Tarbiyah and published by Islamic Institute of Riyadlotul Mujahidin Ngabar. It only publishes original papers (no plagiarism) of literature and field research related to Arabic Studies . it focuses ...