JURNAL PERSPEKTIF PENDIDIKAN
Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Perspektif Pendidikan

Pengembangan LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMP Negeri Prabumulih II

Dari, Weni Ulan (Unknown)
Sulistiyono, Sulistiyono (Unknown)
Arini, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan LKPD berbasis contextual teaching and learning yang layak untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II, (2) Mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis contextual teaching and learning (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II dengan menggunakan LKPD berbasis contextual teaching and learning. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D yaitu terdiri 1) tahap Define, 2) tahap Design, 3) tahap Develop, 4) tahap Disseminate. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) LKPD berbasis contextual teaching and learning yang layak digunakan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri Prabumulih II dengan hasil validasi ahli media sebesar 45 termasuk dalam kategori baik, ahli bahasa sebesar 35 dikategorikan sangat baik dan ahli materi 41 termasuk kategori sangat baik; (2) peningkatan minat belajar siswa sebelum menggunakan LKPD memperoleh skor rata-rata 70,71% dikategorikan tinggi dan setelah menggunakan LKPD memperoleh skor rata-rata 80,47% dikategorikan sangat tinggi; (3) peningkatan hasil belajar fisika sebesar 0,57 termasuk dalam kategori sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Perspektif Pendidikan (JPP) memuat artikel hasil penelitian Pendidikan, Pembelajaran, Penelitian dan pengembangan Pendidikan dalam bidang Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan ...