Penelitian ini bertujuan menghasilkan multimedia interaktif yang valid, praktis, dan menghasilkan efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (development research) yang mengadopsi dari model pengembangan Barbara N.Flagg. Prosedur penelitian dimulai dari planning, design, production, dan implementation. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pemulutan Barat. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2013-2014. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi, wawancara, angket, observasi, dan tes. Teknik analisis data terdiri atas uji validasi, analisis data wawancara, analisis data angket, analisis data observasi, dan analisis data tes. Hasil analisis disimpulkan bahwa multimedia interaktif yang peneliti kembangkan dengan kompetensi dasar mendeskripsikan unsur estetis tari tunggal nusantara di kelas XI Sekolah Menengah Atas sudah memenuhi aspek validitas baik valid secara materi (content), desain instruksional (construct), dan media (layout). Multimedia interaktif yang dikembangkan sangat praktis sehingga layak untuk digunakan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pemulutan Barat, karena kepraktisannya sudah diujicobakan secara satu-satu dan kelompok kecil. Multimedia interaktif yang telah dikembangkan mempunyai efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Efek potensial terhadap hasil belajar siswa pada tahap uji lapangan yaitu sebesar 90 berada pada kategori sangat baik, dan setelah dianalisis dengan N-gain termasuk kategori tinggi yaitu di atas 0,7.
Copyrights © 2024