JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
Vol. 5 No. 1 (2024): Juni 2024

Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Melalui Penerapan Zero Waste di SD Alam Karawang

Mirda Apriliana (Unknown)
Mimin Maryati (Unknown)
Nida’ul Munafiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya sampah yang menumpuk dan tidak terkelola sehingga menimbulkan berbagai permasalahan SD Alam Karawang dipilih menjadi lokasi penelitian karena salah satu sekolah di Karawang yang menerapkan sistem pengelolaan sampah menggunakan prinsip Zero Waste. Tujuan penelitian ini yakni mengetahui bagaimana penerapan Zero Waste di SD Alam Karawang dapat meningkatkan sikap peduli peserta didik dengan menggunakan metode kualitatif naturalistik untuk menjelaskan fenomena yang terjadi pada objek penelitian. Hasil yang didapatkan bahwa SD Alam Karawang telah menerapkan Zero Waste yakni Reuse dengan tidak menggunakan styrofoam, Reduce denga mengurangi sampah plastik, Reuse dengan membawa wadah makanan dan minuman dari rumah, Recycle dengan membuat karya daur ulang, Rot dengan belajar membuat pupuk. Kesimpulan yang didapatkan bahwa Zero Waste teraktualisasikan dalam berbagai kebijakan dan kegiatan yang melibatkan warga sekolah baik peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, pertugas kantin Sehingga terbentuk suatu kebiasaan positif dan meningkat sikap peduli lingkungan dalam diri peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiees

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi PGMI FT IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo, terbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam pendidikan, pembelajaran, pengajaran, dan pengabdian ...