JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School
Vol. 5 No. 1 (2024): Juni 2024

Strategi Manajemen Kurikulum Berbasis Integrasi Sains dan Agama di Madrasah (Studi Kasus di MI Darul Hikmah)

Moch. Zakki Mubarok (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi manajemen kurikulum berbasis integrasi sains dan agama di MI Darul Hikmah. Pendekatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang holistik, menggabungkan ilmu pengetahuan umum dengan nilai-nilai agama Islam. Metodologi penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi sains dan agama dalam kurikulum mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sains sekaligus memperkuat nilai-nilai spiritual mereka. Implementasi dilakukan melalui pendekatan tematik dan proyek kolaboratif yang efektif dalam mengaitkan konsep sains dengan ajaran agama. Evaluasi berkelanjutan dan umpan balik dari siswa, guru, dan orang tua memainkan peran penting dalam memastikan efektivitas kurikulum. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya dan waktu pengajaran diatasi melalui pengembangan bahan ajar khusus dan pelatihan guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi sains dan agama dapat menciptakan pendidikan yang lebih bermakna dan relevan, mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan zaman modern dengan bekal pengetahuan dan nilai moral yang kuat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiees

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School adalah jurnal yang diterbitkan oleh Prodi PGMI FT IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo, terbitkan dua kali setahun pada periode Juni dan Desember sebagai wahana kajian penelitian ilmiah dalam pendidikan, pembelajaran, pengajaran, dan pengabdian ...