Kemampuan berpikir kritis matematis penting dimiliki siswa guna menyelesaikan persoalan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP pada materi SPLDV. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan subyeknya adalah kelas 9 di Kota Karawang dengan jumlah 20 siswa SMP Pupuk Kujang di Bulan November. Instrument yang digunakan adalah tes uraian yang diadopsi dari skripsi. Pengambilan sampel menggunkana purposive sampling dengan mengkategorikan siswa berdasarkan hasil pengerjaannya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, subyek dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa berkemampuan tinggi dapat menyelesaikan persoalan dengan cukup baik. Untuk siswa berkemampuan sedang mampu menyelesaikan persoalan namun masih terdapat kesalahan dan untuk siswa berkemampuan rendah masih belum memahami bagaimana cara menyelesaikan persoalan tersebut dengan baik.
Copyrights © 2024