Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 6 No. 2 (2024): Oktober 2024

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Persamaan Linier Satu Variabel

Nur Hikmah, Ajeng Aprillia (Unknown)
Budiman , Indra (Unknown)
Kartika, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi numerasi siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita pada persamaan linier satu variabel pada kelompok tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini menggunakna pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 dari 33 siswa kelas VII-J di SMP Negeri 5 Karawang Barat. Pemilihan subjek penelitian menggunakn purposive sampling, subjek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan literasi numerasi siwa dalam menyelesaikan soal cerita. Metode pengumpulan data menggunakan triangulasi, tes kemampuan literasi numerasi, dan wawancara. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes uraian dalam bentuk soal cerita sebanyak 3 soal pada materi persamaan linier satu variabel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kemampuan literasi numerasi siswa SMPN 5 Karawang Barat kelas VII-J berdasarkan nilai rata-rata secara keseluruan 36,64 masih tergolong rendah. Nilai rata kemampuan literassi numerasi siswa pada kelompok tinggi adalah 53,85; kelompok sedang sebesar 32,69; dan kelompok rendah yakni 19,23.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...