Chat GPT adalah salah satu bentuk kecerdasan buatan yang semakin populer dan digunakan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini menganalisis perilaku pemanfaatan Chat GPT di kalangan mahasiswa Departemen Sosiologi di Universitas Negeri Padang. Dengan menggunakan metode survei, data dikumpulkan untuk memahami sejauh mana mahasiswa menggunakan Chat GPT dan tujuan penggunaannya. Selanjutnya, data akan dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pengetahuan tentang Chat GPT dan menggunakannya dalam berbagai konteks, termasuk dalam tugas akademis, komunikasi interpersonal, dan hiburan. Temuan juga menggambarkan pola perilaku penggunaan yang beragam, dengan sebagian besar responden menggunakan Chat GPT sebagai sumber informasi tambahan dan alat bantu dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Implikasi sosial dari temuan ini diperdebatkan dalam konteks evolusi teknologi komunikasi dan dampaknya terhadap cara mahasiswa memperoleh, memproses, dan berbagi informasi. Penelitian ini mengkaji pentingnya memahami bagaimana mahasiswa mengadopsi dan berinteraksi dengan teknologi bahasa baru seperti Chat GPT, dengan potensi implikasi bagi pendidikan, interaksi sosial, dan perkembangan teknologi lebih lanjut di masa mendatang
Copyrights © 2024