Penelitian ini bertujuan memberikan penjelasan tentang tahapan dalam mengidentifikasi soal cerita dan cara siswa Menyelesaikan Soal Cerita Bahasa Indonesia. Penulis melakukan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan atau menganalisis data. Menggunakan metode studi pustaka, yang mencakup buku, jurnal dan materi perkuliahan yang relevan. Jika guru mengetahui kesalahan yang dilakukan oleh setiap siswa, akan lebih mudah bagi guru untuk memperbaiki kesalahan dan mencapai hasil pembelajaran yang optimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kesalahan yang dilakukan oleh masing-masing siswa berbeda antara yang satu dengan yang lainnya yaitu Kesalahan dalam memahami masalah atau memahami apa yang dipertanyakan dalam soal, Kesalahan dalam membuat rencana / tahapan kesalahan setelah memahami apa yang dipertanyakan dalam soal atau tahapan ketika memiliki jawaban yang sesuai dengan pertanyaan, Kesalahan dalam melaksanakan rencana atau tahapan kesalahan dalam menuliskan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan, kesalahan dalam memeriksa kembali atau kesalahan dalam memeriksa kembali seluruh jawaban.
Copyrights © 2024