Jurnal Basicedu
Vol. 3 No. 3 (2019)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Novitasari, Nanda (Unknown)
Miaz, Yalvema (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengamati pengaruh penggunaan media peta berbasis multimedia interaktif terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik SD dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen  dengan subjek siswa kelas IV dan di laksanakan di SD Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang  Air Tawar Barat Kota Padang. Instrumen penelitian adalah angket motivasi belajar dan tes tertulis.Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t dan ANAVA dua arah untuk interaksi. Hasil belajar yang diperoleh dengan menggunakan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan metode konvensional. multimedia interaktif membuat minat siswa menjadi lebih tinggi terhadap pembelajaran .multimedia interaktif menciptakan pengalaman baru bagi siswa , membuat siswa aktif , membuat belajar lebih menyenangkan dibandingkan dengan metode konvensional yang membuat beberapa siswa menjadi pasif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...