Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di Sekolah Dasar Negeri Rawamangun 05 Pagi selama pandemi covid 19. Metode penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dari bulan Januari sampai Juli 2021. Populasi penelitian berjumlah 14 guru sedangkan sampel diambil secara total dari populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi mendalam, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah: mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, meng-coding data, dan menganalisis data. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah sudah baik. Hal ini dibuktikan dengan kepala sekolah selalu memberikan motivasi guru, memberikan pujian terhadap guru yang berprestasi, menegur guru yang tidak disiplin serta sikap dan perilaku kepala sekolah yang menjadi teladan di sekolah. Selain itu, kinerja guru sudah baik. Hal ini dapat dilihat guru selalu membuat RPP darurat selama pembelajaran daring berlangsung dan metode pembelajaran yang bervariasi. Selain itu, guru menyampaikan materi sesuai kurikulum yang ditetapkan dan mengevaluasi hasil belajar siswa
Copyrights © 2021