Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi Quantum Learning  dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dan guru kelas V SDN 01 Wonorejo, Gondangrejo, Karanganyar. Objek penelitiannya adalah strategi Quantum Learning dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jenis data berupa hasil observasi dan wawancara dengan narasumber, yaitu peserta didik dan guru kelas V. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisi interaktif, yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Learning dalam pembelajaran matematika di SDN 01 Wonorejo meliputi: Lingkungan sekolah yang aman dilengkapi dengan sarana dan presarana pembelajaran matematika; Adanya pujian dan reward sebagai bentuk pengakuan;  suasana nyaman, cukup penerangan dan enak dipandang; peserta didik diberi keleluasaan untuk berinteraksi; penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan; pemberian keterampilan melalui berbagai macam metode dan permainan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022