Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 5 (2022)

Pengalaman Para Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Setelah Berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat

Mulyatno, Carolus Borromeus (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Tujuan  penelitian ini adalah untuk  mengeksplorasi pengalaman para guru dalam melaksanakan proses pembelajaran setelah berakhirnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah guru-guru yang berkarya di bawah naungan Yayasan Dinamika Edukasi Dasar. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) atas data yang dihasilan melalui metode wawancara mendalam.  Penelitian menghasilkan tiga data penting. Pertama adalah pengalaman baru yang ditemukan dalam interaksi para guru dengan para siswa di Minggu pertama pertama dilaksanakannya pembelajaran luring atau tatap muka. Kedua adalah pengalamaan para guru dalam mengeksplorasi dan mengimplementasikan metode-metode belajar yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan para siswa untuk mengembangkan. Ketiga adalah pemaknaan terhadap pengalaman melaksanakan proses pembelajaran. Para guru mengalami kedekatan relasi dengan para siswa selama proses belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...