Jurnal Basicedu
Vol. 6 No. 5 (2022)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keragaman Budaya Indonesia Melalui Tiktok pada Kelas V Sekolah Dasar

Sari, Den Ayu Putri Pandan (Unknown)
Kurnia, Ita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2022

Abstract

Media TikTok merupakan salah satu inovasi metode pembelajaran yang dinilai modern adalah kolaborasi antara strategi yang diimplementasikan oleh guru dengan informasi dan teknologi digital. Media TikTok dapat meningkatkan motivasi belajarnya sehingga bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keragaman budaya Indonesia dan mengetahui hasil upaya peningkatan belajar siswa kelas V SD Lirboyo 2. Penelitian ini menggunakan metode penjabaran data secara deskriptif kualitatif dengan terori Kurt Lewin yang mana terdiri dari empat tahapan dan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) siswa memahami penerapana aplikasi TikTok dalam materi keragaman budaya Indonesia 2) siswa menunjukan peningkatan hasil belajar materi keragaman budaya Indonesia berdasarkan implementasi dari TikTok. Dari kedua hasil itu menunjukan peningkatan nilai sebanyak 8,68 poin. Hasil ini juga menunjukkan adanya peningkatan rasa cinta tanah air dan budaya Indonesia pada siswa SD Lirboyo 2. Implementasi media pembelajaran. Melalui penelitian ini, peneliti mendorong pendidik atau guru agar mampu berinovasi menggunakan kemudahan teknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...