Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 4 (2024)

Hubungan Penggunaan Aplikasi Tiktok dengan Tingkat Motivasi Belajar Siswa

Maida, Melia (Unknown)
Triana, Noor Yunida (Unknown)
Andini, Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Sep 2024

Abstract

Penggunaan media sosial seperti TikTok dalam konteks pendidikan dapat memengaruhi motivasi belajar siswa, baik secara positif maupun negatif Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan tingkat motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Maarif NU 1 Purwokerto. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan rancangan penelitian Cross Sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden menggunakan aplikasi TikTok dalam kategori sedang (79,6%) dan memiliki tingkat motivasi belajar dalam rentang sedang (57,4%). Uji spearman rank menunjukkan nilai p-value sebesar 0,022, yang mengindikasikan adanya hubungan signifikan antara penggunaan aplikasi TikTok dengan tingkat motivasi belajar siswa. Nilai korelasi (CC) sebesar -0,220 menunjukkan hubungan yang lemah dan negatif, yang berarti peningkatan penggunaan TikTok berkorelasi dengan penurunan motivasi belajar. Penelitian ini penting karena memberikan wawasan tentang pengaruh media sosial terhadap motivasi belajar, yang dapat digunakan sebagai dasar bagi pendidik dan orang tua untuk mengembangkan strategi yang lebih efektif dalam mengelola penggunaan 1teknologi oleh siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...