Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 4 (2024): Vol. 7 No. 4 Tahun 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASISS SAINTIFIK PADA MATERI MENGENAL KERAGAMAN BUDAYA SEKITAR KELAS V SEKOLAH DASAR

Fitralova, Nabila (Unknown)
Disurya, Ramanata (Unknown)
Tanzimah, Tanzimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2024

Abstract

Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis saintifik pada materi mengenal keberagaman budaya sekitar kelas V Sekolah Dasar merupakan penelitian yang bertujuan untuk dapat menghasilkan produk media pembelajaran video animasi yang valid, praktis, dan efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu peserta didik lebih mudah memahami materi PKN untuk mengenal keberagaman budaya sekitar. Peneliti menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pembelajaran ADDIE, lima tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil validasi validator ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi. Dari keseluruhan hasil validator mendapat rata-rata 89% dengan kriteria sangat valid, Selanjutnya hasil uji coba menggunakan Small grub dengan menggunakan 10 orang siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 91,8% dan kelompok besar dengan menggunakan 28 orang peserta didik memperoleh rata-rata nilai sebesar 93,5% dengan hasil penjumlahan dari kedua uji coba menghasilkan nilai sebesar 92,65% dengan kriteria sangat praktis, dan hasil efektivitas yang menggunakan uji kelompok besar menghasilkan rata-rata 92,857% dengan kriteria sangat efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...