Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

EFEKTIVITAS METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN SISWA DI MTSN 1 KERINCI

Sarbaini Sarbaini (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Martin Kustati (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)
Rezki Amelia (Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, penerapan metode tilawati, target metode tilawati da evaluasi pembelajaraan tilawah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah guru MTSN 1 Kerinci dengan informan NP, MT, YN HL . Teknik pengumpulan data yang menggunakan teknik observasi (participan observation), Wawancara ( interview). Hasil Penelitian ini adalah , kemampuan siswa dalam membaca Al-Quran sangat bervariasi. Target dari adanya kegatan tilawah Al-qur’an di MTSN 1 Kerinci adalah Penguasaan Huruf dan Tajwid, Membaca dengan Lancar dan Tepat, Pemahaman Terhadap Makna Ayat, dan Pengembangan Keterampilan Pengajaran. Evaluasi proses pembelajaran metode tilawati dilaksanakan secara rutin dan berkala di setiap akhir semester

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...