Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

NEWS PRESENTING/NEWS READING TECHNIQUE

Winda Kustiawan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Afdal Hafiz Takar (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dwi Asyila Sabrina Br Saragih (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Fadhlan Rizky Firdaus Hazmar Ritonga (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rara Ardina Khairi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rashin Salsabila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muqtada Ibrahim (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2024

Abstract

Pada era informasi saat ini, masyarakat dapat dengan mudah mengakses berita dari berbagai sumber seperti surat kabar, radio, televisi, dan jejaring sosial di internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dinamika penyajian berita di media massa, serta kompetensi yang harus dimiliki oleh pembawa berita. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber tertulis seperti buku teks, skripsi, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembawa berita harus memiliki keterampilan jurnalistik yang baik, termasuk keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis. Mereka harus mampu mengkomunikasikan gagasan atau pendapat dengan jelas, terutama saat mengajukan pertanyaan kepada sumber informasi. Teknik membaca berita melibatkan beberapa aspek penting seperti penggunaan intonasi yang tepat, artikulasi, volume, tempo, sikap tegap, dan tatapan mata yang fokus. Penelitian ini juga menekankan pentingnya strategi manajerial yang efektif dalam bisnis media untuk memastikan operasi yang sukses. Kesimpulannya, pembawa berita harus memiliki keterampilan yang lengkap dan berbagai kemampuan untuk menjadi pembawa berita yang efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...