Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi korelasi antara partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dengan pengembangan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 12 Depok. Metodologi penelitian yang digunakan adalah korelasional, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran skala/kuesioner melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dan pembentukan disiplin siswa di SMP Negeri 12 Depok berada dalam kategori sedang. Uji statistik memastikan distribusi data normal dan menunjukkan hubungan linier yang signifikan antara kedua variabel. Analisis Korelasi Pearson selanjutnya mendukung adanya korelasi positif antara partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dengan pengembangan kedisiplinan siswa.
Copyrights © 2024