Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

HUBUNGAN TINGKAT KESEGARAN JASMANI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PUTRA KELAS V SD NEGERI INPRES ARDIPURA II TAHUN 2023/2024

Amamehi, Milka Hawila (Unknown)
Marsuki, Marsuki (Unknown)
Wainggai, Heppy Hein (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Milka Hawila Amamehi. 20180111114096 “Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani Dengan Hasil Belajar Siswa Putera Kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun Ajaran 2023/2024. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah hubungan yang signifikan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjas siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar penjas siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun Ajaran 2023/2024.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II yang berjumlah 30 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II yang berumur 10-12 tahun, sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Teknik sampling yang digunakan adalah Total Sampling. Metode pengambilan data menggunakan metode survey dengan metode Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan dokumentasi. Data dari hasil tes diolah dengan menggunakan komputernisasi dengan sistem SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan antara tingkat kesegaran jasmani dengan hasil belajar siswa putera kelas V SD Negeri Inpres Ardipura II Tahun 2023/2024, hal ini ditunjukan dari besarnya nilai rhit yaitu 0.601. Berdasarkan tabel interprestasi nilai r, nilai rhit 0,601 termasuk dalam kriteria cukup. Jadi korelasi antara x data hasil TKJI dan y data hasil belajar adalah cukup.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...