Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

IMPLEMENTASI METODE NAZAM ACEH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA SMK NEGERI 1 DEWANTARA DALAM PEMBELAJARAN PAI

Said Marzuki (IAIN Lhokseumawe)
Nurhayati Nurhayati (IAIN Lhokseumawe)
Zurriyati Zurriyati (IAIN Lhokseumawe)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran PAI melalui metode Nazam Aceh untuk siswa SMK Negeri 1 Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, tes, dokumentasi dan data dianalisis secara deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus yaitu prasiklus, siklus I dan siklus II. Subjek penelitian adalah 15 orang siswa kelas XII MP SMKN 1 Dewantara tahun pelajaran 2023/2024. Hasil penelitian dengan menggunakan metode Nazam Aceh ternyata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Ini dapat peneliti lihat dari beberapa hal sebagai berikut; Siswa dapat mengikuti proses pembelajaran lebih bergairah dan bersemangat, Timbulnya keberanian siswa dalam menyampaikan ide atau pikiran, Tumbuhnya rasa percaya diri siswa dalam mengemukakan pendapatnya, Meningkatnya rasa tanggungjawab siswa dalam mengikuti pembelajaran, Sangat kurang sekali siswa yang berkeliaran dan maupun mengganggu teman. Jika di kalkulasikan keaktifan siswa pada siklus I hanya 53,3 % saja yang aktif, pada siklus II aktivitas siswa meningkat menjadi 93,3 %. Berarti terjadi peningkatan 40 %. Dengan demikian berarti pembelajaran menggunakan metode Nazam Aceh sangat cocok diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Dewantara Kabupaten Aceh Utara

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...