Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024 (Special Issue)

OPTIMALISASI PENGGUNAAN CHATGPT DALAM PENULISAN ARTIKEL MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

Utami Rosalina (Institut Prima Bangsa)
Siti Sahronih (Institut Prima Bangsa)
Mochamad Guntur (Institut Prima Bangsa)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki efektivitas ChatGPT dalam memfasilitasi penulisan artikel penelitian di bidang pendidikan bahasa Inggris. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, sampel data dianalisis menggunakan Turnitin untuk mendeteksi tingkat plagiarisme dalam artikel yang dihasilkan ChatGPT. Namun, penelitian ini terkendala oleh jumlah sampel;yang dibatasi karena terbatasnya sumber daya dan waktu. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kegunaan ChatGPT dalam meningkatkan kualitas artikel penelitian pendidikan bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan ChatGPT dalam membantu proses penulisan artikel ilmiah pada bidang pendidikan Bahasa Inggris serta apakah apakah ChatGPT mampu meningkatkan kualitas dalam penulisan artikel ilmiah yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi pada penelitian terbaru tentang fungsi ChatGPT dalam mendukung proses penulisan artikel ilmiah dalam penelitian pendidikan bahasa Inggris, serta memberikan masukan untuk peneliti lain atau untuk guru dan dosen dalam menggunakan ChatGPT sebagai alat bantu dalam proses penulisan artikel ilmiah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...