Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi keyakinan guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi dalam mata pelajaran matematika, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam penerapannya, serta mengevaluasi dampaknya terhadap kesuksesan dan motivasi siswa di Sekolah Penggerak SMP Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi pandangan dan pengalaman guru terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Guru memiliki keyakinan kuat terhadap manfaat diferensiasi, melihatnya sebagai pendekatan yang efektif untuk memenuhi kebutuhan individu siswa dan menciptakan lingkungan belajar yang inklusif. (2) Beberapa tantangan utama dalam menerapkan diferensiasi, termasuk keterbatasan waktu, kurangnya sumber daya, dan kebutuhan untuk berkolaborasi dengan rekan kerja. (3) Guru merasa bahwa diferensiasi memungkinkan perolehan pengetahuan yang lebih baik, pengembangan pemikiran dan penalaran logis, serta mendorong minat yang lebih besar terhadap matematika (4) Teknologi memainkan peran penting dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi, memungkinkan guru untuk memberikan tugas yang sesuai dengan kemampuan siswa, memantau kemajuan mereka, dan memberikan umpan balik yang personal dan cepat. penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi dalam matematika memiliki potensi besar untuk meningkatkan pencapaian akademik dan motivasi siswa. Meskipun ada tantangan dalam pelaksanaannya, pendekatan yang tepat dan penggunaan teknologi dapat membantu mengatasi hambatan tersebut dan menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan inklusif. Temuan ini memberikan wawasan yang berharga bagi guru dan praktisi pendidikan dalam mengoptimalkan strategi pengajaran mereka untuk mendukung keberhasilan semua siswa dalam belajar matematika
Copyrights © 2024