Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemauan usaha mikro, kecil dan menengah dalam membayar pajak penghasilan dengan sosialisasi perpajakan sebagai variabel moderasi (studi pada KPP Pratama Medan Polonia). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar pada KPP Pratama Medan Polonia per tahun 2022 sebanyak 10.458 wajib pajak dan yang menjadi sampel sebanyak 100 pelaku UMKM. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dengan menggunakan alat bantu program software SPSS 26. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa variabel kesadaran membayar pajak, pemahaman pengetahuan perpajakan, dan tingkat pendidikan secara simulitan berpengaruh dan signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Secara parsial, kesadaran membayar pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kemauan membayar pajak, sedangkan pemahaman pengetahuan perpajakan dan tingkat pendidikan berpengaruh secara signifikan terhadap kemauan membayar pajak. Sosialisasi perpajakan mampu memoderasi pengaruh kesadaran membayar pajak dan pemahaman pengetahuan perpajakan terhadap kemauan membayar pajak. Serta sosialisasi perpajakan tidak mampu memoderasi pengaruh tingkat pendidikan terhadap kemauan membayar pajak.
Copyrights © 2024