Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Arab adalah kompetensi keterampilan membaca bahasa Arab. Keterampilan membaca (Maharah Qiro’ah) adalah suatu keterampilan berbahasa yang dimiliki oleh seseorang dalam melihat, memahami serta memaknai apa isi yang terkandung dalam sebuah tulisan dengan terampil dan fasih. Akan tetapi banyak permasalahan yang muncul dalam pembelajaran bahasa Arab, seperti masalah dalam makharijul huruf, mufradat, gramatika, stilistika, morfologi, serta pemahaman isi teks bacaan. Dengan kesulitan inilah yang menjadi tantangan bagi para pemerhati pendidikan dan guru bahasa Arab untuk menentukan sebuah metode pengajaran yang tepat sehingga dalam pembelajaran bahasa Arab dapat tercipta suasana belajar yang menyenangkan, dan dapat menimbulkan perhatian dan motivasi belajar bahasa Arab bagi peserta didik. Penelitian ini dirancang untuk mengembangkan kamus saku sebagai multimedia pembelajaran Qiroah dan sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa pada pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yaitu pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model desain penelitian Richey dan Klein (2009) dengan langkah-langkah Planning (Perencanaan), Production (memproduksi), Evaluation (Evaluasi).
Copyrights © 2024